SUKU DI KALIMANTAN

Kalimantan adalah pulau terbesar yang di miliki oleh Indonesia, Pulau ini sangat terkenal dengan hasil Tambang serta alamnya di mana Kalimantan juga terdapat banyak suku Asli maupun pendatang. Untuk suku di kalimantan bisa kita bedakan terlebih dahulu antara suku pendatang dan suku asli lalu Suku pendatang dan Suku Asli terpecah kembali menjadi banyak Suku. Untuk mempermudah kalian memahami akan saya contohkan begini Suku sunda yang ada di kalimantan itu di Suku pendatang sedangkan Suku Banjar itu termasuk pada Suku Asli.

Saat ini Di Kalimantan banyak sekali Suku serta kebudayaan serta Aksen bahasa, Bahkan dengan jarak hanya 40 KM saja kita sudah mendapatkan perbedaan Aksen bahasa karna sudah berbeda suku, Meski banyak sekali Suku yang ada di Kalimantan Perdamayan dan Kearifan akan selalu terjaga di Bumi Dayak ini. Untuk kalian yang berada di luar Kalmantan pasti sudah mengenal dengan Kata Dayak. Di mana Kata Dayak banyak di salah artikan oleh orang-orang luar Kalimantan di mana Dayak sering Di asumsikan Suatu kumpulan orang-orang Yang penuh dengan tato serta tidak segan untuk menghilangkan nyawa seseorang. Maka buang jauh-jauh asumsi kalian itu di karnakan asumsi itu salah.

Untuk suku asli yang terkenal di Kalimantan itu ada Dua yaitu Suku Banjar Dan Suku Dayak, Lalu kemudian Suku Banjar Terpecah Menjadi banyak suku begitupun Suku  Dayak, Terpecah menjadi Banyak Suku Dayak. Jadi Jika kalian Menyebut Suku Dayak itu hanya satu maka Sebuah kesalahan. Untuk kalian yang belum mengetahui jika nenek moyang dari Suku Banjar dan Nenek Moyang Suku Dayak adalah Dua saudara. Dimana Suku Banjar dari sang adik dan Suku Dayak Sang Kaka. jadi kalian jangan heran kenapa Suku Banjar serta Suku Dayak sangat erat meskipun Kepercayaan dan Agama mereka berbeda.

Untuk saat ini Suku yang ada di Kalimantan Bukan hanya Suku Banjar dan Suku Dayak saja, Saat ini banyak sekali suku-suku dari luar Kalimantan yang masuk kemudian menyesuaikan Diri dengan Suku Asli. Contoh Saja Suku yang ada Di Jawa dan Juga Suku dari Bali yang bisa hidup damai dengan Suku Asli Kalimantan. Meski sempat terjadi perselisihan antara Suku luar Kalimantan Dengan Orang Dayak pada tahun 2000 silam di karnakan kurangnya Pengertian dan kurangnya Negoisasi pada sebuah masalah yang terus menerus. Terlepas dari Konflik berdarah di tahun 2000 Kalimantan Sekarang menjadi lebih kuat antara Suku satu dengan Suku lainya.

SUKU ASLI
Untuk Suku asli yang ada di Kalimantan Ada Dua Yaitu Suku Banjar dan Suku Dayak. Suku Banjar sampai saat ini tidak ada Pembagian Suku Di mana Orang Banjar Tetap Suku Banjar Dan Untuk Suku Dayak Terbagi dari Banyak Suku Di antaranya:

    Suku Dayak Abal
    Suku Dayak Bakumpai
    Suku Dayak Bentian
    Suku Dayak Benuaq
    Suku Dayak Bidayuh
    Suku Dayak Bukit
    Suku Dayak Darat:Dayak Mali
    Suku Dayak Dusun
    Suku Dayak Dusun Deyah
    Suku Dayak Dusun Malang
    Suku Dayak Dusun Witu
    Suku Dayak Kadazan
    Suku Dayak Lawangan
    Suku Dayak Maanyan
    Suku Dayak Mali
    Suku Dayak Mayau
    Suku Dayak Meratus
    Suku Dayak Mualang
    Suku Dayak Ngaju
    Suku Dayak Ot Danum
    Suku Dayak Samihim
    Suku Dayak Seberuang
    Suku Dayak Siang Murung
    Suku Dayak Tunjung
    Suku Dayak Kebahan
    Suku Dayak Keninjal
    Suku Dayak Kenyah
    Suku Dayak Simpangk
    Suku Dayak Kualant
    Suku Dayak Ketungau
    Suku Dayak Sebaruk
    Suku Dayak Undau
    Suku Dayak Desa
    Suku Dayak Iban
    Suku Dayak Pesaguan
    Suku Dayak Lebang
    DLL
      SUKU PENDATANG
      Suku pendatang Di Kalimantan Untuk saat ini sudah bisa di bilang Indonesia Kecil, Di karnakan Hampir Semua Suku yang ada Di Indonesia Ada Di kalimantan, Dari suku yang ada di Sabang sampai Marauke Semua dapat kalian Temukan Di kalimantan.
      Previous
      Next Post »